Minggu, 04 Oktober 2009

burung pentet


Burung pentet adalah salah satu hewan unggas dari jenis burung yang semakin banyak disukai oleh para kolektor burung karena karakternya yang unik. Hewan satu ini memiliki keunggulan yaitu mempunyai suara yang mudah meniru burung dari jenis varietas lain.

Pentet sendiri adalah salah satu burung lokal (atau disebut pinggiran) karena pengembangbiakannya tersebar di pulau Jawa. Untuk yang berasal dari daerah Madura, warnanya didominasi oleh warna hitam. Sementara untuk yang berasal dari belahan barat, biasanya hanya separuh bagian dari kepala yang berwarna hitam.

Makanan pentet sama dengan sebagaimana jenis lain, salah satunya adalah dengan makanan yang biasa dibeli di toko-toko yang menjual makanan burung. Selain itu, sebagai alternatif bisa diberikan beberapa jenis hewan seperti kroco, ulat kongkong, dan ulat putih. Kroco adalah sejenis smut yang diambil telurnya, namun perhatikan supaya tidak diberikan yang telah berwarna kehitaman atau pecah. Biasanya yang seperti ini bisa membuat burung sakit atau mati karena bakteri.

Pentet termasuk salah satu burung yang sulit dimandikan, oleh karena itu ada baiknya bila Anda "membersihkannya" dengan cara menyemprot burung tersebut dengan air dari dalam selang atau spray. Namun hati-hati, seandainya menggunakan selang, jangan sampai pancaran air yang disemprotkan terlalu keras yang malah bisa mengakibatkan burung tersebut terluka.

1 komentar: